agungtri188

Just another WordPress.com site

TIPE – TIPE SISTEM OPERASI DAN DEFINISI LAINNYA

     Tipe – Tipe Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri. Beberapa tipe dari sistem operasi yaitu :
  1. Real-time Operating System.
  2. Multi-user dan Single-user Operating System.
  3. Multi-tasking dan tasking Operating System-Single.
  4. Distributed Operating System.
  5. Embedded System.
 
 DEFINISI DARI :
.
1.       Time-Sharing System
 
Time-Sharing System adalah beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri- sendiri. Time-sharing merupakan sebuah cara di mana sebuah sistem mengizinkan beberapa pengguna atau proses untuk menggunakan CPU dan memori. Dalam sistem tersebut, sistem operasi akan menggilir proses-proses yang sedang berjalan, dan mengizinkan setiap proses untuk dijalankan oleh CPU (serta disimpan di dalam memori), sebelum pindah ke proses selanjutnya. Mesin-mesin tersebut telah menjadi cukup cepat sehingga kebanyakan pengguna saat itu dapat merasakan seolah-olah mereka menggunakan mesin tersebut hanya untuk sendiri. Secara teori, time-sharing mampu mengurangi biaya komputasi secara signifikan, mengingat sebuah mesin dapat digunakan oleh beberapa pengguna, bahkan ada yang mencapai angka ratusan pengguna.
 
2.      Scheduling
Scheduling merupakan algoritma penjadwalan yang mendahulukan proses yang memiliki prioritas tertinggi. Setiap proses memiliki prioritasnya masing-masing.Prioritas suatu proses dapat ditentukan melalui beberapa karakteristik antara lain:
  1. Time limit.
  2. Memory requirement.
  3. Akses file.
  4. Perbandingan antara burst M/K dengan CPU burst.
  5. Tingkat kepentingan proses.
 
 
Priority scheduling juga dapat dijalankan secara preemptive maupun non-preemptive.Pada preemptive, jika ada suatu proses yang baru datang memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada proses yang sedang dijalankan, maka proses yang sedang berjalan tersebut dihentikan, lalu CPU dialihkan untuk proses yang baru datang tersebut. Sementara itu, pada non-preemptive,proses yang baru datang tidak dapat menganggu proses yang sedang berjalan, tetapi hanya diletakkan di depan queue.
 
3.      Swapping
Swapping adalah suatu proses yang dapat dialihkan sementara dari memori ke suatu tempat penyimpanan, dan dipanggil kembali ke memori jika akan melanjutkan eksekusi. Sebuah proses harus berada di memori untuk dieksekusi. Proses juga dapat ditukar (swap) sementara keluar memori ke backing store dan kemudian dibawa kembali ke memori untuk melanjutkan eksekusi. Proses swapping menukarkan sebuah proses keluar dari memori untuk sementara waktu ke sebuah penyimpanan sementara dengan sebuah proses lain yang sedang membutuhkan sejumlah alokasi memori untuk dieksekusi. Tempat penyimpanan sementara ini biasanya berupa sebuah fast disk dengan kapasitas yang dapat menampung semua salinan dari semua gambaran memori serta menyediakan akses langsung ke gambaran tersebut. Jika eksekusi proses yang dikeluarkan tadi akan dilanjutkan beberapa saat kemudian, maka ia akan dibawa kembali ke memori dari tempat penyimpanan sementara tadi.
 
4.      Partitioning
            Partitioning adalah proses pembagian database atau memori menjadi beberapa bagian yang terpisah dan seolah-olah bagian tersebut terpisah secara fisik. Partisi terbagi menjadi 3 yaitu :
o    Primary Partition atau partisi utama, yakni partisi yang dapat digunakan untuk melakukan proses booting sistem operasi dan menyimpan data pengguna. Jumlahnya hanya empat buah saja dalam satu hard disk. Jika terdapat sebuah partisi tambahan, maka jumlahnya akan berkurang menjadi tiga buah partisi utama.
 
o    Extended Partition atau partisi tambahan, yakni partisi yang dapat menampung beberapa partisi logis. Partisi ini sebenarnya merupakan salah satu jenis dari partisi utama. Jumlahnya hanya boleh satu buah saja.
 
o    Logical Partition atau partisi logis, yakni partisi yang tidak dapat digunakan untuk melakukan proses booting sistem operasi, dan hanya dapat menyimpan data pengguna. Jumlahnya tidak dibatasi, artinya dalam satu hard disk boleh terdapat banyak logical partition yang menginduk kepada satu buah partisi tambahan.

Tingkatan Layer pada sisterm komputer

 
Tingkatan Layer pada sisterm komputer

  1. Layer perangkat fisik (Physical Device Layer). Dalam prakteknya merupakan layer komponen elektrik dan elektronik. Perangkat komputer modern yang paling canggih pun terbangun dari komponen elektronik sederhana seperti transistor, kapasitor, dan resistor dan komponen ini mengandalkan pada power supply dan lingkungan operasi yang cocok. 
  2. Layer logika digital (Digital Logic Layer). Semua operasi mesin yang paling dasar diberikan pada tingkat ini. Elemen-elemen dasar pada tingkat ini dapat menyimpan, memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk representasi biner sederhana.
  3. Layer microprogrammed (Microprogrammed Layer). Penggunaan layer microprogrammed memungkinkan pabrikan memproduksi family of processors, yang semuanya memproses set instruksi mesin yang sama pada layer mesin, namun mereka berbeda dalam hal konstruksi dan kecepatannya.
  4. Layer mesin (Machine Layer). Adalah tingkat hardware level yang paling bawah, dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi bahasa mesin (machine language) yang dapat diinterpretasikan secara langsung oleh hardware.
 

Komponen pendukung Sistem Operasi

 AKomponen pendukung Sistem Operasi
1.      Manajemen proses
Proses adalah sebuah program yang sedang dijalankan (eksekusi). Suatu proses memerlukan sumberdaya pada saat eksekusi yaitu CPU time, memori, berkas dan peranti I/O. Peranan manajemen proses antara lain adalah pembuatan dan penghapusan proses, penundaan dan pelanjutan proses, serta menyediakan mekanisme untuk sinkronisasi dan komunikasi antar proses.
 
2.      Manajemen memori utama
Memori adalah tempat penyimpanan instruksi/data dari program. Pentimpanan yang cepat dapat mengimbangi kecepatan eksekusi instruksi CPU. Memori yang tersimpan terdiri dari array words/byte yang besar. Sedangkan alamat digunakan untuk mengakses data. Umumnya main memori bersifat “volatile” atau tidak permanen, akan hilang jika komputer dimatikan.
 
3.      Manajemen berkas/file
Berkas adalah kumpulan informasi yang saling berkaitan dan dikelola sebagai satu kesatuan. Biasanya berkas merepresentasikan program dan data. Manajemen berkas memudahkan kita untuk penyimpanan dan pembacaan kembali data. Untuk membedakan tiap berkas, dalam penamaan diberikan tambahan ekstensi atau akhiran yang mengidentifikasikan jenis berkas tersebut.
 
4.      Manajemen I/O
Perangkat I/O merupakan suatu perangkat yang sangat penting bagi komputer. Perangkat ini sebagai jembatan penghubung antara pengguna dengan komputer.Peran sistem operasi dalam manajemen input output yaitu mengelola dan mengontrol operasi input output dan perangkat input output itu sendiri.
 
5.      Manajemen penyimpanan sekunder
Berbeda dengan manajemen memori utama. Penyimpanan sekunder ini menyimpan data secara permanen. Karena memori utama bersifat sementara dan kapasistasnya terlalu kecil, maka untuk menyimpan semua data dan program secara permanen, sistem komputer harus menyediakan penyimpanan sekunder untuk dijadikan backup memori utama.
 
6.      Jaringan
Jaringan atau sistem terdistribusi merupakan kumpulan prosesor yang tidak berbagi memori atau clock. Setiap prosesor memiliki memori lokal masing-masing. Prosesor-prosesor ini terhubung dalam suatu jaringan komunikasi.
About these ads

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: